Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mal, Hotel, Gedung Perkantoran Baru di Orchard Road

Kompas.com - 17/07/2010, 17:58 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Kawasan Orchard Road Singapura akan memiliki mal, hotel dan gedung perkantoran baru di lokasi bekas Specialists’ Centre dan Hotel Phoenix serta bekas mal Orchard Emerald.

Proyek senilai 700 juta dollar Singapura ini diharapkan akan selesai dan beroperasi pada semester kedua tahun 2013. Acara groundbreaking proyek ini dilakukan hari Jumat, menandai dimulainya pembangunan kembali tiga tempat yang berdekatan di Orchard Road itu.

Di lokasi bekas Specialists’ Centre dan Hotel Phoenix, akan dibangun hotel bintang empat dengan 500 kamar, serta pusat perbelanjaan di lahan seluas 21.000 m2.  Pengembang proyek properti ini adalah United Engineers (UEL), sedangkan seluruh tanah milik OCBC Bank.

Di seberang jalan, di lokasi bekas Orchard Emerald seluas 3.500 m2, akan dibangun gedung perkantoran dan mal seluas 2.700 m2. Tanah ini milik Great Eastern Holdings, dan dikembangkan juga oleh perusahaan ini.

Kedua lokasi ini akan terhubungkan oleh sebuah jembatan penyeberangan yang terbuat dari kaca, yang melintas di atas Orchard Road. Jembatan ini dibangun oleh UEL dan menjadi jembatan kaca yang pertama di Singapura.

UEL tidak peduli disebut pembangunan yang dikerjakannya itu dianggap terlambat di kawasan belanja Orchard Road yang sudah padat.

Jackson Yap, CEO United Engineers Limited (UEL) mengatakan, “Kami merupakan jigsaw terakhir yang akan membuat kawasan belanja ini makin penting. Kuncinya adalah konektivitas. Anda dapat pergi dengan tenang dalam cuaca buruk dan lainnya, masuk ke tiga pusat perbelanjaan. Anda dapat menyeberang jalan dan juga berbelanja di sisi jalan lainnya."

Proyek properti baru ini juga akan terhubungkan dengan koridor ke gedung sebelah 313@Somerset dan Orchard Central. Basement 1-nya juga akan terhubung ke Stasiun MRT Somerset.

UEL mengatakan pihaknya percaya diri proyek barunya dapat membuat lalu lintas pejalan kaki yang nyaman. Yap menambahkan,”Phoenix Hotel sudah diambil alih karena lokasinya yang dekat dengan banyak pusat perbelanjaan. Jadi kami berharap hotel akan penuh.”

Sejumlah pengamat mengatakan, proyek baru ini kemungkinan akan menghadirkan beberapa brand high-end, dan ini membuat reputasi Orchard Road sebagai kawasan belanja premium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com