Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Panggil Kapolri soal Rekening Gendut

Kompas.com - 19/07/2010, 17:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rapat internal Komisi III DPR memutuskan akan segera menggelar rapat kerja dengan Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri dan jajarannya pada sisa masa tugas DPR sebelum memasuki reses pada 31 Juli mendatang. Rapat internal komisi berlangsung di Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/7/2010) sore.

Namun, waktu pelaksanaan rapat kerja masih akan dijadwalkan dalam pekan ini atau pekan depan. Anggota Komisi III, Saan Mustopa, mengatakan, Polri diutamakan guna meminta penjelasan mengenai isu-isu yang menjadi perhatian publik, yaitu rekening tak wajar para perwira Polri.

Dugaan adanya aliran dana mencurigakan di rekening sejumlah perwira Polri sempat menjadi kontroversi beberapa minggu lalu. "Kita akan mengklarifikasi isu-isu yang menyangkut rekening gendut. Polisi perlu mengklarifikasi secara terbuka dan menuntaskannya. Jangan sampai isu rekening ini menyandera Polri," kata Saan.

Alasan lainnya, dugaan rekening tak wajar ini jangan sampai bermuatan politis menjelang pergantian Kapolri. Selain Polri, Komisi III juga akan memanggil Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mengklarifikasi Laporan Hasil Analisis (LHA) yang memuat sejumlah catatan rekening tak wajar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com