Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Api Berasal dari Korsleting Genset Lt 1

Kompas.com - 06/08/2010, 15:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Api yang membakar Gedung Pelni, Jalan Angkasa Raya 18, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (6/8/2010), diperkirakan berasal dari korsleting genset di lantai I.

Kasudin Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Hariadi mengatakan, sebelum api menyala, Gedung Pelni sedang mati listrik. "Jadi, saat itu mati listrik. Petugas mencoba menyalakan genset. Kemungkinan korslet di situ," kata Hariadi di tempat kejadian.

Seusai terjadi korsleting, kata Hariadi, api langsung menjalar cepat melalui panel-panel kabel dalam gedung. Api yang menyala di lantai I kemudian menjalar melalui cerobong panel naik hingga ke yang paling atas, lantai 12. Api itu kemudian tersebar di tiap lantai dan membuat asap membubung tinggi di puncak gedung.

"Ini gedung tua, jadi semua kabel-kabel itu masuk dalam satu panel cerobong. Makanya apinya cepat nyebar dan menyala," kata dia.

Menurut Hariadi, cepatnya api itu menyebar juga disebabkan karena penutup panel yang menggunakan bahan kayu. "Apinya itu menjalar di struktur gedung," katanya.

Hingga kini belum diketahui adanya korban jiwa ditemukan dalam kebakaran tersebut. Namun, tiga orang pegawai di Gedung Pelni sempat terjebak di dalam gedung. Ketiganya saat ini sudah berhasil dievakuasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com