Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Jamin Kecukupan Migas

Kompas.com - 09/08/2010, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertamina menjamin kecukupan stok bahan bakar minyak dan gas menjelang Ramadhan. VP Corporate Communication Pertamina M. Harun mengatakan, Pertamina sudah menghitung perkiraan peningkatan konsumsi menjelang Ramadhan dan persediaan yang dimiliki, terutama di daerah tertentu yang membutuhkan tambahan.

"Setiap puasa sampai Lebaran, tiap tahun ada peningkatan konsumsi sekitar 10 persen. Ini yang diantisipasi untuk mem-backup persediaan bahan bakarnya," ungkapnya dalam pertemuan bersama wartawan di Restoran Sari Kuring Batu Ceper, Senin (9/8/2010).

Harun mengatakan, stok premium yang dimiliki Pertamina cukup untuk 16 hari ke depan atau sama dengan rata-rata konsumsi 63.581 kiloliter per hari. Adapun solar dinilai cukup untuk 20 hari ke depan dengan asumsi konsumsi 72.226 kiloliter per hari.

Stok minyak tanah dinyatakan cukup untuk 40 hari, sedangkan avtur cukup untuk 26 hari ke depan. Harun juga menegaskan bahwa semua instalasi dan depot BBM Pertamina dalam keadaan memadai, termasuk di daerah jalur mudik.

Selain itu, stok gas nasional cukup untuk 15 hari ke depan dan akan terus bertambah dengan rata-rata konsumsi tabung gas 12 kg sebesar 3.200 metrikton per hari dan tabung 3 kg sebesar 8.100 metrikton per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com