Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Darmin Dilantik Jadi Gubernur BI

Kompas.com - 31/08/2010, 13:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tampuk pimpinan Bank Indonesia akan kembali terisi, Rabu (1/9/2010). Rencananya, Mahkamah Agung akan melantik Darmin Nasution sebagai Gubernur Bank Indonesia pada pukul 10.00 WIB.

Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah memastikan tidak ada perubahan jadwal pelantikan Darmin. Darmin akan menduduki tampuk tertinggi di bank sentral selama lima tahun, yakni mulai 2010 sampai 2015. Bekas Deputi Gubernur Senior BI ini akan menjadi Gubernur BI yang ke-14.

Darmin merupakan satu-satunya calon yang diajukan pemerintah untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Proses uji kelayakan dan kepatutan tersebut berlangsung mulus meski diwarnai hujan interupsi. Namun, DPR akhirnya secara aklamasi memilih mantan Direktur Jenderal Pajak itu sebagai orang nomor satu di BI.

Sebelum melaju menjadi Gubernur BI, Darmin masuk ke jajaran teras pejabat BI sebagai Deputi Gubernur Senior tahun 2009. Presiden lalu memberinya penugasan menjadi pelaksana tugas (plt) atau pejabat sementara (pjs) menggantikan Boediono yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden. (Ruisa Khoiriyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com