Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sriwijaya Target 60 Pesawat

Kompas.com - 05/09/2010, 17:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Sriwijaya Air menargetkanmendatangkan sebanyak 60 unit pesawat hingga 2012 mendatang. Pola penerbangan shadow hub bukan hub and spoke.

Presiden Direktur Sriwijaya Air, Chandra Lie mengatakan, pihaknyatelah mempertimbangkan untuk mengadakan pesawat-pesawat kecil dengan kapasitas di atas 30 penumpang sebagai feeder bagi pesawatyang lebih besar lagi.

"Nantinya pesawat yang kecil ini akan dijadikan feeder (pengumpan) dan kemudian akan dibawa ke bandara pengumpul (hub). Kita butuh setidaknya beberapa pesawat kecil," kata Chandra Lie di Jakarta, pekan lalu.

Dengan kebutuhan pesawat-pesawat kecil tersebut, maka Sriwijaya menargetkan bakal mengoperasikan sebanyak 60 unitpesawat pada 2012 mendatang.

Paling tidak ada sejumlah produsen pesawat dari luar negeri yangtelah menawarkannya seperti ATR, Afro RG, Embraer dan Bombardierdari Norwegia.

"Saat ini kita sedang memilih, pesawat mana yangpaling efisien dan berguna untuk rencana operasi Sriwijaya Air,"ujarnya.

Bila pesawat-pesawat kecil tersebut telah ada, jelasnya, operasipenerbangan shadow hub bakal dilaksanakan.

Berbeda dengan pola huband spoke yang banyak dilakukan oleh maskapai yang menentukansendiri bandara mana yang dijadikan pengumpul.

"Pada shadow hub,setiap bandara memiliki potensi menjadi bandara pengumpul," tandasnya.

Daerah-daerah dengan bandara pendek pun telah diincar Sriwijaya seperti di daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com