Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Subsidi BBM 2010 Akan Diperbesar

Kompas.com - 23/09/2010, 10:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah bakal menambah kuota subsidi bahan bakar minyak (BBM) tahun 2010. Sebab, sisa BBM bersubsidi diperkirakan tidak akan mencukupi kebutuhan hingga akhir tahun ini.

Asal tahu saja, kuota BBM bersubsidi 2010 ini mencapai 36,5 juta kiloliter (KL). Namun, sampai akhir Agustus lalu, sudah terpakai sebanyak 25,16 juta KL atau tersisa sekitar 11,35 juta KL. Badan Pengatur Hilir (BPH) Minyak dan Gas Bumi (Migas) memperkirakan, penggunaan BBM bersubsidi bisa mencapai 38 juta KL hingga 39 juta KL.

Evita Legowo, Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menjelaskan, ada peluang bagi pemerintah untuk menambah kuota BBM subsidi. Bahkan, cara tersebut bisa dilakukan tanpa mengubah anggaran subsidi. "Anggaran subsidi BBM tetap, tapi kuotanya bisa dinaikkan," kata Evita, saat rapat kerja dengan Komisi VII DPR.

Hanya saja, Evita enggan menjelaskan lebih detail. Namun, kemungkinan caranya adalah dengan memanfaatkan sisa anggaran karena perbedaan harga minyak di APBN dengan harga di pasar. Catatan saja, harga patokan di APBN 80 dollar AS per barrel. Sementara harga rata-rata di pasar pada tahun ini hanya 77 dollar AS per barrel.

Rencana ini mendapat dukungan dari Komisi VII DPR. Bahkan, Komisi VII juga memasukkan rencana tersebut sebagai catatan rapat. Selain itu, Komisi VII meminta agar Kementerian ESDM memperjelas rencana tersebut. "Nanti akan dibahas lebih lanjut saat rapat kerja dengan Menteri ESDM," kata Teuku Riefky Harsa, Ketua Komisi VII. (Kontan/Adi Wikanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com