Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wings Air Terbang Perdana Medan-Silangit

Kompas.com - 08/10/2010, 18:54 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Wings Air melakukan penerbangan perdana dari Bandara Polonia Medan menuju Bandara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat. Penerbangan perdana yang dipiloti Kapten Fery Novara itu berangkat dari Bandara Polonia Medan pukul 09.30 WIB dan tiba di Bandara Silangit pukul 10.00 WIB.

Pesawat itu membawa penumpang antara lain Bupati Samosir Mangindar Simbolon, Kepala Dinas Perhubungan Sumut Naruddin Dalimunthe, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Direktur Umum dan Keuangan PT Wings Abadi, Edward Sirait.

Edward Sirait mengatakan, untuk sementara pihaknya akan menyediakan dua kali penerbangan dalam seminggu untuk rute Polonia-Silangit, yakni pada Jumat dan Minggu. Dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72-500 berkapasitas 72 tempat duduk, pihaknya menetapkan tarif sekitar Rp400 ribu untuk satu kali penerbangan.

Namun tarif tersebut masih bersifat progresif karena kemungkinan akan diturunkan jika mendapatkan minat yang besar dari masyarakat.

Dibukanya rute Polonia-Silangit dimaksudkan untuk memenuhi harapan warga Batak yang berada di perantauan guna memudahkan keinginan untuk pulang ke kampung halaman.  "Ini harapan kami yang sudah lama ingin diwujudkan, dan baru sekarang dapat direalisasikan," katanya.

Edward menjamin jika pesawat yang digunakan untuk rute Polonia-Silangit tersebut bukan pesawat bekas, melainkan alat transportasi udara yang baru didatangkan dari pabriknya di Toulose, Perancis.

Untuk program berkelanjutan, PT Wings Abadi telah memesan 30 pesawat sejenis yang bukan hanya dimaksudkan melayani penerbangan lokal Polonia-Silangit, tetapi dari Silangit-Jakarta jika kondisi memungkinkan. "Bahkan jika memungkinkan lagi, untuk Papua-Silangit," katanya.

Ia menyebutkan, harapan itu dinilai tidak berlebihan. Selaku anak perusahaan Lion Air, pihaknya juga telah melayani penerbangan di hampir seluruh wilayah tanah air dengan frekuensi 360 penerbangan per hari.

Sebelumnya, Kepala Bandara Silangit Marthinus Hutasoit mengatakan, bandara itu telah memadai untuk menerima kedatangan pesawat besar, termasuk keberadaan "runway" atau landasan pacu yang cukup panjang. "Runway kita sudah diperpanjang menjadi 2.250 x 30 meter," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com