Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Hadiri Penutupan APEC

Kompas.com - 13/11/2010, 21:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Boediono, Sabtu (13/11) malam, meninggalkan Tanah Air menuju Tokyo, Jepang, dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Dijadwalkan, Wapres Boediono akan menggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri upacara penutupan pertemuan ekonomi negara- negara Asia Pacific (APEC) di Yokohama, Jepang, Minggu (14/11) mulai pukul 11.00 waktu setempat.

Presiden Yudhoyono sendiri, Sabtu sore pada pukul 17.45 waktu setempat meninggalkan Bandar Udara Haneda, Jepang, menuju Jakarta. Presiden Yudhoyono mendarat pada pukul 23.40 WIB malam dan langsung menuju kediaman pribadinya di Puri Indah Cikeas, Gunung Putri, Nagreg, Bogor, Jawa Barat.

Dari jadwal yang diterima Kompas, Sabtu malam Minggu ini, Wapres direncanakan akan menghadiri jamuan makan siang penutupan bagi peserta APEC. Selanjutnya, Wapres akan mengikuti "Leaders Declaration" APEC, berupa pernyataan kesimpulan akhir dari pertemuan APEC, yang berlangsung sejak Sabtu ini.

Wapres dijadwalkan akan memberikan keterangan pers setibanya di Tokyo mengenai hasil pertemuan APEC tersebut. Di Tokyo, Wapres direncanakan akan bertemu dengan pakar-pakar gempa bumi dan ahli penanganan bencana, perusahaan yang berinvestasi di Indonesia dan lembaga donor Jepang di antaranya Japan Bank for International Corporation (JBIC) dan Japan International Corporation Agency (JICA).

Selain bertemu dan berdialog dengan warga Indonesia yang tinggal di Jepang, Wapres juga akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Jepang. Adapun untuk mempelajari penanganan bencana, Wapres akan mengunjungi pusat penanganan bencana di Kobe, Jepang.

Sebelum meninggalkan Tokyo, Jepang, Rabu (17/11) siang, Wapres dan rombongan akan menunaikan shalat Idul Adha dan bersilaturahmi di Kedutaan Besar RI di Tokyo. Dalam rombongan itu, Wapres bersama Ny Herawati Boediono hanya didampingi sejumlah deputi dan staf beserta pengawalnya dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan pers.

Adapun sejumlah menteri yang akan menyertai kunjungannya seperti Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu dan Menteri Keuangan Agus Martowardojo beserta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, saat ini sudah berada di Tokyo.

Para menteri sebelumnya telah mengikuti perjalanan Presiden Yudhoyono dalam Pertemuan puncak negara-negara maju dan berkembang G-20 di Seoul, Korea Selatan. Wapres sebelumnya pernah diminta mewakili Presiden Yudhoyono menghadiri G-20 dan berangkat pada Rabu (10/11) malam. Namun, ternyata batal karena Presiden Yudhoyono yang akhirnya berangkat Kamis (11/11) siang lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com