Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wirausaha untuk Calon Pensiunan

Kompas.com - 01/12/2010, 04:06 WIB

Semarang, Kompas - Program pelatihan wirausaha bagi calon pensiunan yang diluncurkan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) sejak pertengahan 2010 terus berlanjut. Hingga kini 3.170 nasabah BPTN di 42 cabang di Indonesia, termasuk di Jawa Tengah telah mengikuti pelatihan tersebut.

Pelatihan untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha bagi nasabah calon pensiunan maupun pensiunan tersebut merupakan salah satu pilar dari Pensiun Sehat dan Sejahtera (PSS) dari BTPN.

”Kegiatan ini corporate social responsibility (tanggung jawab sosial perusahaan) yang terintegrasi dalam bisnis. Program ini kami lakukan setiap bulan di setiap cabang secara berkesinambungan,” ujar Corporate Social Responsibility Head BTPN Rizal Algamar, Selasa (30/11), di sela-sela pelatihan wirausaha ke-127 di Kantor Cabang BTPN Semarang.

Pelatihan di Kantor Cabang BTPN Semarang yang diikuti calon pensiunan dan pensiunan dari Kota Semarang. Pada pelatihan tersebut diberikan informasi tentang usaha kecil seperti pembuatan kue dan pemasarannya.

Menurut Rizal, di setiap cabang BTPN, melalui pelatihan wirausaha para peserta mendapatkan materi bagaimana memulai dan mengelola usaha sendiri dari sejumlah perusahaan.

”Apa yang kami lakukan bisa dapat diukur hasilnya. Misalnya indeks kepuasan nasabah terhadap pelatihan wirausaha dari kuartal pertama hingga ke tiga terus meningkat,” ujarnya.

Selain memperoleh akses tentang solusi keuangan, BTPN juga menyediakan kesempatan bagi nasabah untuk hidup sehat dan sejahtera.

Dalam program PSS, BTPN mengusung slogan ”Melayani dengan Menjadi Sahabat Karib Pensiunan”. Selain mendapat panduan menjaga kesehatan, nasabah juga bisa melanjutkan konsultasi kesehatan secara gratis di klinik yang tersedia di setiap cabang BTPN.

Kegiatan ini dilaksanakan BTPN bekerja sama dengan Pergemi (Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia) dan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI).

”Sampai saat ini lebih dari 300.000 nasabah pensiunan telah menikmati layanan PSS di 141 kantor BTPN,” katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com