Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2011: Malaysia Targetkan 623.000 Unit Mobil

Kompas.com - 10/01/2011, 15:29 WIB

MALAYSIA, KOMPAS.com - Pasar mobil Malaysia ditahun kelinci diperkirakan mencapai angka tertinggi 623.000, naik 4,1 persen dari 2010. Kemudian, akan ada peluncuran sedikitnya 16 model baru atau facelift. Demikian perkiraan dari perusahaan riset dan konsultan Frost & Sulivan (F&S) seperti dilaporkan autoevolution.

Peningkatan, menurut Frost & Sulivan, karena dipicu prospek ekonomi, stabilitas lapangan kerja yang kian besar, dan dampak dari kenaikan tingkat suku bunga.

Asosiasi Otomotif Malaysia (MAA) belum mengumumkan akan pasti peraihan 2010, tapi F&S memperkirakaan 598.200 unit. Jumlah ini 11,4 persen lebih tinggi dari 2009. "Penjualan kendaraan 2010 yang mencetak rekor disebabkan sentimen ekonomi membaik dan banyaknya peluncuran produk baru pada 2009," ungkap Kavan Mukhtyar dari F&S.

Dengan mencapai di atas 600.000 unit bukan berarti pasar akan jenuh. Karena, proporsi terbesar di Malaysia masih didominasi orang muda, yakni 40 persen merupakan anak muda dimulai berusia 22 tahun.

"Selama kenaikan harga BBM normal, tidak akan ada dampak yang dramatis pada sektor penjualan. Ditambah sarana pelayanan angkutan umum belum memadai, konsumen tidak punya pilihan, mereka butuh kendaraan sebagai transportasinya," papar Mukhtyar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com