Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta Dituding Jadi Biang Macet

Kompas.com - 12/01/2011, 11:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Beroperasinya transjakarta Koridor IX Pinang Ranti-Pluit sejak pekan lalu dituding menjadi biang semakin macetnya arus lalu lintas di seputaran Slipi menuju Grogol. Imbas dari kemacetan di kawasan ini menyebabkan tersendatnya arus lalu lintas di jalur menuju Slipi.

Petugas polisi yang bertugas di perempatan Slipi mengakui, beroperasinya transjakarta Koridor IX menjadi salah satu pemicu kemacetan. "Di sini kan memang biasanya macet. Tapi, makin parah sejak ada busway. Jalanannya kan sempit, sementara jalur busway dibikin steril," kata petugas polisi yang tak mau menyebutkan namanya itu, Rabu (12/1/2011).

Kemacetan itu, katanya, terjadi sepanjang hari sejak transjakarta Koridor IX beroperasi. "Padahal, biasanya hanya pagi dan sore aja parahnya," ujar dia.

Kemacetan di jalur tersebut tak hanya berimbas pada lalu lintas di seputar Kemanggisan-Palmerah-Slipi saja, tetapi juga di jalur-jalur menuju Slipi-Grogol. Ke arah Grogol, kepadatan kendaraan sudah terjadi dari Jalan Gatot Subroto.

Joni, tukang ojek yang biasa mangkal di perempatan Slipi, juga mengatakan, situasi arus lalu lintas di kawasan ini semakin parah. Menurutnya, sejak dia mangkal pagi hingga malam hari, kemacetan tak terurai.

"Padahal, kalau siang, biasanya agak lengang. Ini enggak, macet terus. Ya karena busway itu," kata Joni.

Namun, kemacetan parah tersebut mendatangkan keuntungan bagi Joni. Para penumpang memilih naik ojek untuk cepat menuju tempat tujuannya daripada terjebak macet berjam-jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com