Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Satrio Jadi Orchad Road-nya Indonesia

Kompas.com - 02/02/2011, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Kawasan belanja Orchad Road di Singapura begitu mempesona para pengembang superblok di Indonesia, dan para pengembang memimpikan kebanggaan yang sama terjadi di negeri ini. Dengan dukungan pencanangan Jalan dokter Satrio, Jakarta Selatan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mimpi ini tak lagi menjadi mimpi. Kawasan Satrio akan segera menjadi Orchad Road-nya Indonesia.

Kawasan Satrio digadang-gadang akan menjadi pusatnya wisata belanja dan lifestyle masyarakat urban. Ditambah lagi, letaknya yang strategis dikelilingi kawasan CBD seperti Sudirman, Rasuna Said, Gatot Subroto, dan Kuningan akan membuat kawasan Satrio menjadi magnet tersendiri.

Menurut para pengembang yang mengembangkan bisnisnya di kawasan ini, sudah saatnya Jakarta sebagai ibukota dan kota metropolitan memiliki ikon belanja yang dapat dibanggakan. Serta kawasan yang dapat mengakomodir suasana kenyamanan di tengah padatnya aktivitas ibukota.

Keberadaan kantong-kantong belanja di sepanjang Jalan dokter Satrio, tidak melulu ditanggapi sebagai sebuah kompetisi oleh para pengembang kawasan ini.

Menurut Zaldy Wihardja, Senior Marketing Manajer PT. Arah Sejahtera Abadi, member dari Agung Podomoro Group yang mengembangkan superblok Kuningan City, banyak ragam tempat perbelanjaan malah menyediakan berbagai pilihan belanja.

"Di kawasan ini paling banyak superbloknya, dan banyak pilihannya. Kalau mau beli yang berkelas di Ciputra World, mau hang out bisa di Kuningan City, atau berbagai pilihan di Ambassador dan ITC Kuningan," katanya.

Dengan adanya kawasan belanja di Jalan Satrio ini membuka kesempatan untuk area pedestrian, yang jarang sekali ditemui di Jakarta. Menurut Zaldy, area Pedestrian yang direncanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sepanjang Satrio erat kaitannya dengan keberadaan mal sebagai daya tarik.

"Kalau enggak ada mal, pedestrian akan mati. Atau kalau tidak ramai, kawasan pedestrian malah menjadi salah satu tujuan kriminalitas. Dengan adanya mal, maka faktor pencahayaan, keamanan, dan ketertiban akan didukung," ujarnya.

"Kalau Singapura punya Orchad Road, Jepang punya Tokyo, Malaysia punya Bukit Bintang, maka kawasan kebanggaan Indonesia di Jalan Satrio," kata Zaldy. (Natalia Ririh)  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com