Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Fastfood" Bersiap Naikkan Harga Jual

Kompas.com - 16/02/2011, 12:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terus melonjaknya harga berbagai bahan pangan, seperti tepung terigu, minyak goreng, gula, cabai, daging, dan bawang belakangan ini, membuat biaya produksi makanan cepat saji terdongkrak. Makanya, kalangan pebisnis makanan cepat saji alias fastfood pun harus menaikkan harga.

Tengok saja langkah yang akan diambil PT Fastfood Indonesia Tbk, pemegang hak merek restoran Kentucky Fried Chicken (KFC) di Indonesia. Fabian Gelael, CEO PT Fastfood, mengatakan, harga makanan di KFC akan dinaikkan untuk mengimbangi kenaikan harga bahan baku.

Namun, kenaikan tersebut tidak akan melebihi laju inflasi tahun lalu yang besarnya 6,96 persen. "Tahun ini rata-rata kenaikan harga di KFC sekitar 3 persen sampai 5 persen," kata Fabian kepada Kontan, Selasa (15/2/2011). Ia belum memastikan kapan waktu kenaikan tersebut.

KFC memilih tidak menaikkan harga terlalu tinggi supaya pangsa pasar nya terjaga. Makanya, selain menaikkan harga, KFC juga juga menyiapkan langkah lain untuk menyiasati lonjakan harga pangan. Di antaranya melakukan efisiensi. Misalnya, dengan memperbaiki distribusi logistik agar tidak memakan biaya besar.

Blenger Burger juga akan menaikkan harga jual makanan cepat sajinya. Erik Kandarman, pemilik Blenger Burger, mengatakan, kenaikan harga tersebut akan berada di kisaran 5 persen hingga 10 persen. Namun Erik masih menunggu waktu yang tepat untuk menaikkan harga makanannya. "Kemungkinan akan naik di semester I-2011," kata Erik, (15/2/2011).

Selama ini, meski harga bahan baku terus naik, Erik mengaku, perusahaannya masih bisa menahan harga. Erik bilang, ia menyiasati kenaikan harga berbagai bahan baku dengan melakukan efisiensi. Namun, saat ini harga bahan baku, terutama daging, naik tidak terkendali. Jika akhir tahun 2010 harga grosir daging masih Rp 35.000 per kilogram (kg), maka saat ini harganya sudah di kisaran Rp 40.000-Rp 45.000 per kg. "Ini sangat memberatkan," jelas Erik.

Berbeda dengan KFC dan Blenger Burger, PT Rekso Nasional Food, pemegang lisensi McDonald di Indonesia, memilih tidak menaikkan harga. "Sampai sekarang belum ada rencana menaikkan harga," kata Koko Hadiono, Direktur Operasional dan Training Rekso Nasional Food. Perusahaan ini baru saja membuka sejumlah gerai, antara lain di Mal Sarinah. (Noverius Laoli, Veri N. Tragistina/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com