Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bapepam: Pasar Modal Semakin Transparan

Kompas.com - 03/03/2011, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Badan Pengawas Pasar Modal - Lembaga Keuangan (Bapepam)-LK Nurhaida, menyambut baik komitmen PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dengan 4 Bank Pembayaran, yakni  BCA, Mandiri, CIMB Niaga, dan Permata. Penanandatangan kerjasama pemisahan rekening dana nasabah dilakukan di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (3/3/2011) pagi.

Nurhaida menyebutkan, efektivitas peraturan Bapepam-LK No. V.D.3 sebagai aturan yang mengatur pemisahan rekening nasabah ini, mulai berlaku pada Januari 2012. "Berdasarkan data KSEI, pemilik kartu AKSes ada 60.000 dari seluruh pemilik rekening yang ada. Diharapkan seluruh nasabah investor di pasar modal Indonesia akan memiliki kartu AKSes. Nasabah menjadi aman, karena rekening akan disimpan atas nama nasabah," jelas Nurhaida.

Nyaman, lanjut Nurhaida, karena investor dapat memantau dananya secara langsung melaui AKSes. Saat ini, sebutnya, baru ada 4 bank pembayaran yang berpartisipasi, yang juga ada di pasar modal. Tidak menutup kemungkinan, akan ada bank-bank lain yang memenuhi ketentuan KSEI. "Harapan kami (Bapepam) dari regulator akan meningkatkan integritas KSEI dengan 4 bank, sehingga citra pasar modal yang semakin transparan dapat tercipta," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com