Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertempuran Libya Lambungkan Minyak

Kompas.com - 23/03/2011, 07:37 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga minyak dunia naik pada Selasa (22/3/2011) waktu setempat karena pertempuran berkecamuk di Libya, eksportir  minyak mentah signifikan sebelum krisis saat ini.

Di New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman April ditutup pada 104 dollar AS per barrel, naik 1,67 dollar AS dari akhir perdagangan Senin. Di London minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Mei naik 74 sen menjadi 115,70 dollar AS setelah jatuh pada pagi hari karena aksi ambil untung.

Konflik di Libya terus menekan pasar setelah memaksa penutupan lebih dari tiga perempat produksi negara itu kira-kira 1,7 juta barel per hari.     

Pasukan koalisi terus menekan militer Moammar Khadafy untuk sebuah gencatan senjata, tetapi dengan sedikit tampak berakhir jelas. "Investor memperkirakan bahwa minyak Libya tidak akan kembali ke pasar dalam waktu dekat," kata Ong Yi Ling, analis investasi untuk Phillip Futures.     

Sementara itu lonjakan harga minyak baru-baru ini bisa mencukur setengah persentase poin dari pertumbuhan negara maju di dunia pada 2012, menurut studi oleh Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan yang dipublikasikan Selasa.

Dikatakan, jika kenaikan sebesar 25 dollar AS di harga minyak yang telah terjadi sejak awal tahun ini berlanjut. "Kegiatan dapat berkurang sekitar 0,5  persentase poin dalam wilayah OECD pada 2012 dan inflasi naik sebesar 0,75 persentase poin."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com