Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbankan Harus Lebih Ketat Awasi Karyawan

Kompas.com - 15/04/2011, 07:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia meminta perbankan mencermati perubahan perilaku pegawai terkait kasus pembobolan rekening nasabah Citibank Indonesia oleh oknum pegawai, Malinda Dee (47). Bank Indonesia mengultimatum bahwa perbankan perlu melakukan pengecekan ulang dan mengawasi pegawainya yang ditugaskan di wilayah strategis, seperti private banking.

"Bank Indonesia (BI) akan meningkatkan pengawasan lebih mendalam ke bank. Bank harus mengecek transaksi secara berlapis, jangan sampai ada fraud yang lolos," kata Halim Alamsyah, Deputi Gubernur BI, Kamis (14/4/2011).

Halim mengatakan, untuk menjamin berjalannya upaya pengecekan dan mitigasi risiko terjadinya fraud oleh oknum perbankan, BI mengimbau perbankan untuk memiliki unit khusus.

Mulai tahun depan, BI akan semakin memperketat pengawasan dan mencantumkan faktor risiko. Berikutnya BI akan melakukan evaluasi di sektor prosedur operasional standar. "Akan dicek, ketika sudah dilakukan sesuai standar, apakah ada risiko yang muncul," ungkap Halim.

Menurutnya, penggunaan blangko kosong seperti yang dilakukan Malinda dalam kasus Citibank itu merupakan pelanggaran. "Sayangnya, BI sulit mencegah. Itu merupakan kolusi antara nasabah dan karyawan bank," ucapnya. (Nina Dwiantika/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com