Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERBANKAN

BI Audit 22 Bank Terkait Nasabah Premium

Kompas.com - 21/04/2011, 17:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Bank Indonesia saat ini masih melakukan audit khusus terhadap 21 bank komersial dan satu bank syariah yang menawarkan produk dan pelayanan bagi nasabah-nasabah besar atau wealth management.

"Audit dilakukan sebagai bahan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan wealth management dikaitkan dengan keberadaan SOP, manajemen risiko, internal control, dan pengelolaan human capital yang mengacu kepada aturan perbankan dari Bank Indonesia, khususnya aturan kehati-hatian dan governance dalam rangka melindungi nasabah dan mitigasi risiko perbankan," kata Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A Johansyah di Jakarta, Kamis (21/4/2011).

Menurut dia, hasil audit ini akan digunakan untuk memperkuat sistem pelayanan wealth management bank yang bisa meningkatkan pelayanan nasabah. "Yang paling penting adalah penguatan internal control oleh bank. Dan audit ini akan fokus kepada perbaikan kelemahan yang ada dan penguatan internal control ini dilakukan melalui pembinaan hasil pemeriksaan dan regulasi yang ada," katanya.

Ia menambahkan, audit ini lebih bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan wealth management di bank yang masih beragam.  "Kita cari simpul kerawanan yang ada untuk dilakukan perbaikan," katanya.

Wealth management adalah pengelolaan dana nasabah oleh bank baik untuk deposito yang ditawarkan bank maupun untuk investasi di produk yang ditawarkan luar bank seperti reksadana dan bancassurance.

Bank wajib mengikat kerja sama dengan manajer investasi yang mengelola produk reksadana dan bancassurance.   Bentuk kerja sama antara bank dengan manajer investasi ini termasuk dalam obyek pemeriksaan BI dalam audit wealth management, untuk memastikan bahwa risiko dari produk tersebut tetap ada di manager investasi reksadana dan bancassurance tersebut.

Peran bank hanya sebagai channeling agent antara nasabah dengan perusahaan investasi pengelola reksa dana dan bancassurance.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com