Juni, Mandala Kembali Terbang - Kompas.com

Juni, Mandala Kembali Terbang

Kompas.com - 12/05/2011, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Akhirnya PT Mandala Airlines segera beroperasi kembali. Maskapai ini akan segera terbang lagi pada Juni mendatang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko mengaku telah menerima laporan dari Mandala. "Katanya Juni ini dia (Mandala) mau terbang lagi," ujarnya, Rabu (11/5/2011).

Tri menambahkan, nantinya pesawat Mandala akan menempati kembali Terminal III Bandara Soekarno-Hatta. Namun, Tri mengaku belum tahu jenis pesawat yang akan dioperasikan Mandala. "Yang jelas, kami tinggal mempersiapkan bandara untuk kedatangan pesawat Mandala," paparnya.

Direktur Kelayakan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Yurlis Hasibuan mengaku belum memperoleh laporan pendaftaran pesawat dari Mandala. Namun, dia mengatakan, kesempatan Mandala untuk terbang masih sangat besar. "SIUP masih berlaku, kan belum setahun. Tinggal urus rute baru dan siapkan pesawat saja," katanya.

Menurut Yurlis, jika Mandala terbang lagi, pihaknnya akan mengevaluasi air operation certificate (AOC) yang sudah diserahkan pihak Mandala sejak berhenti beroperasi Januari lalu. "AOC-nya nanti kemungkinan akan berubah karena rute dan pesawat harus diuji dulu kelayakannya," paparnya.

Setelah uji coba tersebut selesai, Mandala baru bisa terbang secara komersial. Sekadar menyegarkan ingatan, Mandala berhenti terbang sejak 13 Januari karena kesulitan finansial. Sayangnya, sampai berita ini diturunkan, pihak Mandala belum juga berkomentar soal kemungkinan beroperasi kembali. (Mia Winarti Syaidah/Kontan)

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorErlangga Djumena

    Close Ads X