Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APBD Daerah Kecil, Kepemimpinan Kurang Bagus

Kompas.com - 07/06/2011, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dengan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) rendah berarti kepemimpinan daerah tersebut kurang bagus.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa, dalam acara KPPOD (Komite Pemantauan Pelaksanaan Ekonomi Daerah) Award 2011 , di Jakarta, Selasa ( 7/6/2011 ).

"Artinya, apa kalau tren ini (perbedaan APBD) dibiarkan maka akan terjadi disparitas antar kabupaten dan kota menjadi mengembang," jelas Hatta.

Dampaknya, ruang anggaran untuk membangun kepentingan publik, seperti infrastruktur pun semakin kecil. "Belum lagi kalau terjadi bencana atau gangguan-gangguan yang memerlukan energi tambang kita," tambahnya.

Oleh karena itu, ia pun menyarankan untuk membuat grand design, seperti dalam pengangkatan PNS (Pegawai Negeri Sipil) agar tidak membebani anggaran pemerintah. "Sebarapa banyak sebetulnya diperlukan perangkat aparatur di daerah-daerah tertentu. Disesuaikan dengan jumlah penduduk dan kepentingan-kepentingan untuk melakukan jalannya pemerintahan," sebutnya.

Sementara itu, ia juga menambahkan, perlu dilakukan moratorium terlebih dahulu. Sebelum melakukan pemekaran daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com