Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengurusan Akta Capil Gratis di Jakarta Fair

Kompas.com - 16/06/2011, 10:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Layanan pengurusan administrasi kependudukan gratis dibuka di Jakarta Fair 2011. Kemudahan tersebut disediakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi DKI Jakarta bagi pengunjung sepanjang Jakarta Fair berlangsung.

"Untuk sementara pengurusan akta gratis untuk hari Sabtu dan Minggu, baru sebatas untuk akta kelahiran atau E-Akta. Kalau KTP gratis atau kemungkinan masih menunggu persetujuan dari atasan," kata Dodo, staf Dinas Kependudukan DKI kepada Kompas.com, Rabu (15/6/2011) .

Rencana pengurusan KTP gratis atau E-KTP, menurut Dodo,  masih menunggu koordinasi dengan pihak penyelenggara, PT Jakarta International Expo.

Menyadari besarnya jumlah warga Jakarta yang berkunjung ke arena PRJ, langkah ini diambil Dinas Dukcapil untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kependudukan.

Pembuatan akta kelahiran di Hall B1 Arena PRJ membutuhkan persyaratan yang sama sebagaimana di kantor suku dinas dukcapil umumnya. Pemohon perlu menyertakan surat keterangan kelahiran dari rumah sakit/dokter/bidan/pilot/nakhoda, surat tanda bukti perkawinan orangtua, surat keterangan kelahiran dari lurah, fotokopi KK/KTP yang dilegalisir lurah setempat.

Di tempat sama, Dinas Dukcapil DKI juga menjelaskan kepada pengunjung hal-hal terkait pengurusan administrasi kependudukan. Selain itu, stan ini juga memajang buku register kependudukan yang pernah digunakan Pemerintah Hindia Belanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com