Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Pembukaan Pameran Flora & Fauna

Kompas.com - 21/06/2011, 14:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Flona 2011 atau pameran flora dan fauna 2011 akan dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo pada hari ini, Selasa ( 21/6/2011 ) di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

"Pak Gubernur akan hadir jam 4 sore untuk memulai peresmian. Nanti ada acara seremonial meriah sebagai acara pembukaan," terang Nandar Sukandar, ketua Panitia Flona 2011 kepada Kompas.com siang ini.

Tema Flona 2011 adalah, "Pohon, Dia Ada Makin Dicinta".  Tema ini, menurut Nandar, diangkat untuk mendukung gagasan penghijauan kota, dengan harapan warga Jakarta akan termotivasi untuk mendukung penghijauan kota, kembali menanam pepohonan dan tanaman hijau.

Acara yang akan berlangsung hingga 24 Juli ini akan diawali dengan pelepasan balon udara bermotif kepik oleh Gubernur DKI. "Kepik adalah serangga predator ulat bulu," jelas Nandar. Pemilihan kepik, tambahnya, sebagai simbol keseimbangan alami ekosistem bila alam dijaga kelestariannya dan bila lingkungan hidup didukung untuk berfungsi normal.

Pameran Flona 2011 memang didominasi jenis tanaman hias dan bibit pohon serta produk-produk pendukungnya. Ada pula jenis-jenis kerajinan berbahan produk hutan dan variasi lain yang ditampilkan oleh instansi-instansi pemerintah di bawah pemerintah provinsi DKI. Tak ketinggalan acara dan atraksi hiburan antara lain cargo net, flying fox, dan paint ball. Pada hari pertama, pengunjung juga akan mendapat hiburan khusus orkes keroncong Toegoe.

Akan diadakan juga penyuluhan soal pertamanan dan penghijauan serta berbagai jenis perlombaan terkait flora fauna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com