Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keroncong Toegoe pada Pembukaan Flona

Kompas.com - 21/06/2011, 19:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengunjung pameran Flora Fauna (Flona) 2011 pada hari pertama, Selasa (21/6/2011), disuguhi penampilan spesial grup Keroncong Toegoe.

Keroncong legendaris yang menjadi salah satu ikon Jakarta Utara itu, menjadi hiburan pada pembukaan ajang yang dilangsungkan di Taman Lapangan Banteng, Selasa  sore.

"Kami menampilkan lagu dan komposisi lama khas Keroncong Toegoe. Ada juga lagu-lagu baru masa kini dimainkan dalam irama khas Keroncong Toegoe," kata Andrew Juan Michiels, pimpinan grup Keroncong Toegoe, kepada Kompas.com.

Kekhasan orkes ini, kata Andrew, terletak pada irama keroncong yang dimainkan dengan beat yang lebih cepat dibandingkan dengan kelompok keroncong lainnya. "Kami juga tidak terlalu menonjolkan cengkok khas keroncong," tambah pria yang merupakan keturunan ke-10 orang Portugis yang mendiami kawasan Toegoe, Jakarta Utara.

Kelompok yang memiliki pecinta fanatik, baik dari Jakarta maupun luar Jakarta, ini masih mempertahankan alat-alat musik khas yang diwariskan para pendahulunya. Selain biola, gitar, dan bas sebagai instrumen utama, ada juga prunga dan macinha (sejenis gitar berukuran kecil).

"Kekhasan lain pada alat musik picikato, celo berukuran lebih kecil yang dimainkan dengan cara dipetik, tidak seperti celo lain yang digesek," kat Andrew.

Kehadiran orkes budaya yang sudah terkenal ke mancanegara ini langsung menyedot perhatian penonton. Latihan mereka menjelang acara pembukaan mengundang ratusan pengunjung ke sekitar lokasi stan milik pemerintah kota Jakarta Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com