Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Ajak Warga Jakarta Jaga Lingkungan

Kompas.com - 21/06/2011, 21:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rangkaian kegiatan HUT ke-484 Kota Jakarta kembali menghadirkan Pameran Flona 2011 yang diselenggarakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Selasa (21/6/2011). Rencananya, pameran yang menyajikan bursa tanaman dan hewan peliharaan ini akan berlangsung mulai 21 Juni hingga 25 Juli 2011.

Saat membuka pameran ini, secara khusus, Fauzi Bowo mengajak warga Jakarta secara bersama-sama menjaga lingkungan agar menjadi lebih indah, sejuk, dan hijau.

"Menjaga lingkungan bisa dimulai dari lingkup yang paling kecil terlebih dahulu. Hal itu bisa dimulai dari lingkungan rumah kita sendiri. Caranya, dengan menanam pohon atau membuat taman jika punya halaman yang cukup," ujar Fauzi Bowo, usai membuka secara resmi Pameran Flona 2011.

Menurut Fauzi Bowo, pameran flona merupakan ajang tahunan yang digelar secara rutin oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta.

Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai ajang eksebisi dan interaksi bagi para pecinta lingkungan hidup. Warga Jakarta saat ini sudah mulai selektif dan sangat peduli dengan kualitas lingkungannya. "Karena dengan kualitas lingkungan yang baik, tentu kota Jakarta akan semakin indah dan hijau dan nyaman bagi seuluruh pihak tanpa terkecuali," ujar Fauzi Bowo.

Pada kesempatan itu, Gubernur DKI meminta semua pihak agar menjaga seluruh taman yang ada di Jakarta. Karena, keberadaannya dinilai sangat vital dalam menjaga udara dan berfungsi sebagai paru-paru kota.

Fauzi juga memastikan, pada tahun 2012, Jakarta akan memiliki green building yang berbasis ramah lingkungan. Di mana gedung tersebut nantinya hemat dalam penggunaan air maupun energi.

Gubernur DKI memaparkan, banyaknya pembangunan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta, juga tak lepas dari perhatian kelestarian lingkungan. Salah satu contohnya, pembangunan jalan layang yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. Satu pohon yang terpaksa harus dipangkas kemudian diganti sepuluh pohon. "Selain itu, pemberlakukan dilarang merokok di dalam gedung yang juga diterapkan. Ini semua adalah kepedualian terhadap lingkungan yang sudah dilakukan," katanya.

Pameran dibuka pukul 08.00-20.00 pada hari kerja dan jam 08.00-21.00 pada akhir pekan. Pengunjung dapat berbelanja di stan bursa tanaman dan stan bursa hewan kesayangan. Selain itu, digelar juga aneka atraksi, lomba burung berkicau, hiburan, dan sarasehan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com