Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Krisis, Bursa AS Rontok

Kompas.com - 05/08/2011, 07:25 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di bursa Amerika Serikat berguguran sehingga  membuat Indeks Dow Jones Industrial Average jatuh 4,3 persen pada Kamis (4/8/2011) waktu setempat (Jumat pagi WIB), penurunan satu hari terburuk dalam lebih dari dua tahun, karena pasar global meleleh oleh kekhawatiran krisis lain ekonomi dunia.

Indeks Dow turun 512,76 poin menjadi ditutup pada 11.383,68; S&P 500 yang lebih luas kehilangan 4,8 persen menjadi berakhir di 1.200,07, sementara indeks komposit Nasdaq jatuh 5,1 persen menjadi 2.556,39.

"Gejolak lebih atas masalah utang negara di Eropa dan lemahnya data ekonomi AS  memicu ketakutan bahwa ekonomi sedang menuju ke arah resesi ganda (double-dip)," kata Peter Cardillo dari Rockwell Global Capital.

Pasar seluruh dunia khawatir atas pelemahan fiskal di Italia dan Spanyol dan kemampuan zona euro untuk mengatasi krisis lebih, karena biaya pinjaman kedua negara melonjak dalam beberapa hari terakhir.

Sementara itu Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa klaim mingguan untuk tunjangan pengangguran tetap tinggi 400.000 pada minggu lalu, karena PHK oleh pengusaha dan pemerintah berlanjut sementara penciptaan lapangan kerja baru tetap lamban.

Semua dari 30 saham blue-chip Dow terpukul oleh aksi jual, namun kerugian yang paling menonjol di saham perusahaan-perusahaan sektor bahan dasar, energi dan finansial.

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com