Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depkeu AS: S&P Salah Hitung!

Kompas.com - 06/08/2011, 11:25 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Departemen Keuangan Amerika Serikat  mengatakan, keputusan lembaga pemeringkat Standard & Poor's menurunkan peringkat utang AS merupakan kesalahan. "Kesalahan hitung sebesar 2 triliun dollar AS berbicara pada dirinya sendiri," kaat juru bicara Depkeu AS di Washington, Jumat (5/8/2011).  

Para petinggi  S&P memberitahukan kepada Depkeu bahwa mereka akan menurunkan peringkat utang AS dari AAA yang telah digenggam selama puluhan tahun. S&P pun mempresentasikan laporannya di Gedung Putih. S&P sebelumnya juga telah memperingatkan penurunan peringkat akan dilakukan jika Washington tidak melakukan langkah komprehensif dalam menangani fiskalnya.

Dua jam setelah menganalisis laporan dari S&P, pejabat di Depkeu menemukan bahwa S&P telah salah menghitung proyeksi defisit. Selisih kesalahan hitung itu sekitar 2 triliun dollar AS. Depkeu segera memberitahukan temuan ini kepada S&P.

Seperti diberitakan, S&P memangkas peringkat utang AS dari AAA menjadi AA+ dengan prospek negatif. Itu berarti dalam dua tahun ke depan ada kemungkinan peringkat diturunkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com