Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringkat Turun, Bursa AS Anjlok

Kompas.com - 09/08/2011, 07:19 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Pasar saham AS anjlok lebih dari lima persen pada Senin (8/8/2011) waktu setempat, dengan Dow Jones Industrial Average kehilangan 634 poin, setelah Standard & Poor’s menurunkan peringkat utang Amerika Serikat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dow turun 5,6 persen menjadi berakhir pada 10.809,85, penutupan terendah sejak Oktober lalu. Ini adalah penurunan satu hari paling tajam dalam hal poin sejak krisis keuangan tahun 2008.

Indeks S&P 500 yang lebih luas turun 6,7 persen menjadi 1.119,46, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq turun 6,9 persen menjadi 2.357,69.

S&P menurunkan peringkat utang  jangka panjang utang AS dari AAA menjadi AA+ setelah pasar ditutup pada Jumat, mengutipketidakmampuan  Washington untuk mengendalikan defisitnya yang terus meningkat.

Saham AS dimulai dengan penurunan pada pembukaan pasar dan mencapai terendah baru setelah Presiden Barack Obama memberikan pidato di televisi untuk mempertahankan kelayakan kredit Washington dan menyatakan bahwa Amerika Serikat "akan selalu menjadi negara dengan peringkat triple-A".

Pedagang khawatir bahwa penurunan peringkat akan memukul pasar obligasi, tetapi harga obligasi pemerintah rally kuat. Imbal hasil pada Treasury 10-tahun turun menjadi 2,34 persen dari 2,56 persen pada akhir Jumat, sementara obligasi 30-tahun turun menjadi 3,66 persen dari 3,82 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak dalam arah yang berlawanan.

Sementara emas, yang dipandang sebagai aset safe haven (tempat berlindung yang aman) pada saat gejolak keuangan, diperdagangkan 1.716,68 dollar AS per troy ounce di pasar spot di New York, setelah sebelumnya mencapai rekor harian (intraday) baru 1.720,82 dollar AS. "Penurunan peringkat utang pemerintah AS oleh  S&P dari AAA menjadi AA+, mengirimkan gelombang kejut melalui pasar hari ini," kata Briefing.com.

Semua dari 30  saham blue-chip Dow ditutup lebih rendah pada Senin, namun kerugian yang curam dialami saham perusahaan keuangan, industri dan perusahaan  yang terkait erat dengan harga komoditas.

JPMorgan Chase turun 9,4 persen, sedangkan American Express ditutup turun 8,8 persen. Bank of America jatuh 20,3 persen setelah terpukul gugatan 10,5 miliar dollar AS dari perusahaan asuransi AIG atas kesalahan penjualan dari sekuritas berbasis mortgage pada 2008.      Raksasa aluminium Alcoa turun 11,4 persen, sementara Caterpillar jatuh 9,2 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com