Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Mobnas Akan Diluncurkan Sulsel

Kompas.com - 16/08/2011, 19:38 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Program mobil nasional akan diluncurkan untuk pertama kalinya di Makassar pada puncak peringatan hari ulang tahun ke-342 Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), 19 Oktober 2011.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sulsel Amal Natsir di Makassar, Selasa (16/8/2011) menjelaskan, mobil nasional merupakan program pemerintah pusat yang rencananya baru akan direalisasikan pada 2012, namun pemerintah Sulsel menginginkan lebih awal dilaksanakan.

Pengadaan mobil tersebut untuk mendukung program pendidikan dan kesehatan gratis Pemprov Sulsel dalam bentuk perpustakaan dan Puskesmas keliling di daerah-daerah terpencil.

Ia mengatakan, tahap awal pengadaan mobil nasional tersebut menelan anggaran hingga Rp18,2 miliar, dan Rp3 miliar di antaranya dianggarkan pada APBD untuk pengadaan sebanyak 50 unit kendaraan di 50 kecamatan.

Ia menambahkan, pengadaan mobil nasional merupakan usulan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat menggelar rapat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu.

"Selanjutnya pemerintah pusat menetapkannya sebagai program pusat yang rencananya mulai dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 2012," katanya.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo sebelumnya mengatakan peluncuran mobil nasional ini untuk pertama kalinya akan dilakukan di Sulsel.

Menurutnya, peluncuran mobil nasional ini menjadi perwujudan mimpinya bahwa Indonesia mampu membangun industri otomotif dan menciptakan mobil murah di bawah Rp50 juta untuk dimanfaatkan sebagai sarana pendukung pembangunan di daerah pelosok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com