Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Mudik KA Kelas Ekonomi Masih Ada

Kompas.com - 20/08/2011, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiket kereta api angkutan mudik Lebaran masih tersedia dalam jumlah memadai. Karena itu, calon penumpang diharapkan tidak perlu terburu-buru mengantre pada pagi hari sebagaimana terlihat dalam beberapa hari terakhir.

"Calon penumpang kelas ekonomi tidak perlu mengantre panjang pada pagi hari. Tiket sebenarnya masih cukup," kata Yuskal Setiawan, Kepala Stasiun Senen, kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (20/8/2011).

Antrean panjang calon penumpang terlihat pada pagi hari, terutama sejak layanan tiket kelas ekonomi dibuka pada Rabu (17/8/2011) kemarin untuk keberangkatan tanggal 23-29 Agustus. Antrean diperkirakan terjadi karena calon penumpang takut kehabisan tiket. "Sampai pukul 13.00 tiket yang terjual hari ini sekitar 2.725 tiket," ujarnya.

Dengan jumlah tersebut, tiket KA kelas ekonomi yang telah dipesan dalam empat hari terakhir baru berjumlah sekitar 14.076 lembar. Pada Rabu kemarin tiket yang dipesan berjumlah 4.507 lembar, Kamis (18/8/2011) sebanyak 4.558 lembar, dan Jumat (19/8/2011) sebanyak 2266 lembar.

PT KAI sendiri telah menetapkan batasan jumlah penumpang per gerbong sebanyak 150 orang, termasuk penumpang tanpa tempat duduk (berdiri). Dengan jumlah delapan KA reguler ditambah enam kereta tambahan khusus Lebaran, jumlah pemesanan tiket kelas ekonomi saat ini terhitung kecil. "Hari ini antreannya lebih panjang. Mungkin karena hari libur," terang Yuskal.

Ia memperkirakan antrean panjang calon penumpang akan terjadi lagi pada Minggu besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com