Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Turap Baja Dipasang Hari Ini

Kompas.com - 02/09/2011, 09:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 60 turap baja direncanakan akan mulai dipasang, Jumat (2/9/2011), untuk menggantikan pintu limpasan pembuangan saluran Kalimalang selebar 12 meter yang ambrol pada Kamis (1/9/2011). Pemasangan diperkirakan akan rampung pada hari ini.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mochammad Amron di lokasi, Jumat pagi.

Pengamatan Kompas.com, turap baja itu tengah diturunkan satu per satu dari mobil pengangkut yang terparkir di pinggir jalan.

Amron mengatakan, pemasangan turap baja dengan panjang masing-masing 20 meter sebenarnya tak memerlukan waktu lama. Kendala utama ada pada sulitnya alat-alat berat menuju lokasi lantaran kecilnya jalan Kalimalang. "Ada alat berat yang masih tertahan di tol," kata dia.

Amron mengatakan, pihaknya sudah membuka sekitar 60 persen pintu air di Bekasi sejak kemarin. Jika pintu dibuka seluruhnya, maka air akan limpas melewati tanggul sementara sehingga menggangu pemasangan turap baja.

Amron menambahkan, dengan dibukanya sebagian pintu air di Bekasi, produksi air bersih di instalasi pengelolaan air (IPA) di Buaran dan Pulogadung telah normal. Seperti diketahui, hingga kemarin sore, produksi air bersih di kedua IPA itu terganggu lantaran terhentinya suplai air baku.

"Kalau nanti sore pemasangan selesai, kemungkinan malam nanti air sudah bisa mengalir ke Pejompongan," pungkas Amron.

Seperti diberitakan, terhentinya aliran air ke Pejompongan mengakibatkan produksi di IPA Pejompongan PT Pam Lyonnaise Jaya berhenti. Akibatnya, sekitar 250.000 pelanggan termasuk Istana, Kantor Gubernur, dan DPR, tidak menerima aliran air bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com