Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Greysia Polii Dilarikan ke Rumah Sakit

Kompas.com - 11/09/2011, 16:38 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com — Pemain bulu tangkis ganda putri, Greysia Polii, harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami cedera pada final Taiwan Terbuka, Minggu (11/9/2011).

Pasangan ganda putri Greysia Polii/Meiliana Jauhari harus menyerah pada kedudukan 0-2 di gim ketiga final ganda putri Taipei Open Grand Prix Gold 2011 setelah Greysia mengalami cedera pada bahu kanannya. Dengan demikian, pasangan Korea Selatan, Ha Jung-eun/Kim Min-jung keluar sebagai juara dengan skor 17-21, 21-18, 2-0.

Greysia terjatuh saat berusaha mengambil bola pada kedudukan 15-12. Saat itu, ia refleks menahan badan dengan tangan kanannya dan berusaha langsung berdiri. Saat itulah diduga ligamen tangan kanan Greysia mengalami cedera.

"Sebetulnya saya tidak boleh menahan badan dengan tangan. Namun, saya refleks ingin mengambil bola, jadi tidak bisa dihindari. Saat jatuh, saya hanya mendengar bunyi dari tangan saya, entah itu tulang atau otot, saya tidak tahu," ungkap Greysia seusai pertandingan.

Sang pelatih, Paulus Firman, juga mengatakan, Greysia sudah mencoba untuk bangkit dan menahan rasa sakitnya, tetapi akhirnya diputuskan mengakhiri pertandingan untuk menghindari cedera yang lebih parah.

"Tadi sudah coba disemprot penahan rasa sakit, tetapi hanya bertahan sebentar dan sesudahnya saya tidak bisa menahan sakitnya," kata Greysia, yang kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Sebetulnya, pada gi pertama, Greysia/Meli bermain dengan baik. Mereka terus melancarkan serangan ke arah pertahanan Ha/Kim. Pasangan Indonesia ini juga memiliki pertahanan yang sangat rapat. Beberapa kali mereka jatuh bangun mengembalikan bola sulit yang dilancarkan pasangan Korsel.

Namun, setelah Greysia terjatuh, Greysia/Meli tak kuasa menahan laju pasangan Korsel itu. "Setelah jatuh, pasti ada perbedaan dari pola permainan Greysia, dari yang awalnya mengontrol permainan dan memimpin terus, setelah jatuh situasinya berubah," ujar Paulus.

Sementara itu, Ha/Kim mengaku tidak menyangka cedera yang dialami Greysia begitu parah hingga harus menyerah pada gim ketiga.

"Awalnya, kami sangat percaya diri bisa menang atas Greysia/Meli. Namun, sayang, kami kalah di gim pertama. Pada gim kedua, saat Greysia terjatuh, kami tidak menyangka bahwa cedera itu sangat serius sehingga harus retired," kata Ha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com