Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trotoar di Gajah Mada-Hayam Wuruk Akan Ditata

Kompas.com - 18/09/2011, 08:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menata kembali jalur pedestrian di Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi para pedestrian untuk berjalan-jalan di trotoar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, penataan ini diperlukan untuk mengembalikan jalur pedestrian pada fungsinya, yaitu sebagai ruang publik untuk pejalan kaki. Kini, Dishub DKI Jakarta tengah mengkaji studi konsep penataan pedestrian di kawasan tersebut. Studi kajian ini diharapkan dapat rampung pada akhir tahun 2011.

"Selama ini kita melihat sudah banyak (jalur) pedestrian yang dijadikan ruang parkir on street dan tempat usaha pedagang kaki lima. Akhirnya pejalan kaki direbut haknya. Kita mau kembalikan fungsinya sebagai ruang publik," kata Pristono, Sabtu (17/9/2011).

Jika kajian itu selesai pada akhir tahun ini maka pembangunannya bisa dilakukan awal 2012 oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Pristono mengakui belum ada gambaran konkret mengenai konsep jalur pedestrian ini. Namun, ia menegaskan bahwa jalur pedestrian di Gajah Mada-Hayam Wuruk akan dilebarkan dengan memakai sedikit bahu jalan. Ini demi kenyamanan pedestrian.

"Saya belum tahu apakah (jalur) pedestrian di kawasan tersebut akan divariasikan dengan taman seperti di Jalan Sabang. Kita tunggu saja hasil kajiannya," ujarnya.

Jalur pedestrian di kawasan Gajah Mada-Hayam Wuruk saat ini nyaris kehilangan fungsi sebenarnya. Sebagian trotoarnya, khusus di sisi timur pintu besar utara, menjadi kawasan mati. Banyak toko yang kosong, trotoarnya pun bergelombang sehingga menyulitkan pejalan kaki. Bagian itu akan diratakan sehingga menjadi nyaman dan bisa meningkatkan pergerakan perekonomian di kawasan tersebut.

Pada Desember 2011, Dishub DKI akan melakukan penataan parkir on street di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Parkir kendaraan bermotor akan dialihkan di tiga gedung yang memiliki fasilitas parkir, yaitu Pasar Baru, Pasar Baru Atom, dan Pasar Baru Square. Sistem karcis parkir akan diterapkan berbasis informasi teknologi (IT) sama seperti parkir di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com