Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dishub DKI: Warga Jakarta Harus Rela Jalan Kaki

Kompas.com - 28/09/2011, 06:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono menyebutkan, konsekuensi hidup di daerah perkotaan adalah harus rela jalan kaki dan tidak selalu mengandalkan door to door service.

Pristono menjelaskan, bila semua warga kota ingin segala sesuatunya door to door service, di kemudian hari nanti bisa saja motor masuk ke dalam restoran hanya untuk sekadar parkir karena tidak mau jalan kaki dari tempat parkir ke restoran tersebut.

"Konsekuensi hidup di kota besar seperti itu. Enggak bisa semuanya door to door service. Hidup di kota besar harus terima jalan kaki," ujar Pristono, Selasa (27/9/2011) di Balaikota.

Dikatakannya, budaya jalan kaki harus disosialisasikan sejak awal agar peraturan parkir off street (di dalam gedung) dalam pelaksanaannya sesuai harapan. Pristono pun kembali menjelaskan diterapkannya parkir off street di kawasan Gajah Mada-Hayam Wuruk karena Pemprov DKI Jakarta mempunyai cita-cita kawasan tersebut dapat dibangun seperti kawasan Orchard Road di Singapura.

Pristono mengatakan, tahun 2012 nanti pihaknya akan mengembangkan trotoar di kawasan Hayam Wuruk-Gajah Mada agar seperti Orchard Road. Kalau sudah begitu, warga akan nyaman berjalan kaki. Kemudian, perekonomian juga berkembang karena mendapat masukan dari biaya parkir di dalam gedung.

Pristono menambahkan, dengan diberlakukannya parkir off street maka akan ada tiga manfaat yang didapat. Pertama, dapat menambah kapasitas jalan. Kedua, mengurangi premanisme. Dan ketiga, tarif parkir yang dikenakan sesuai karcis yang diberikan sehingga tidak merugikan konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com