Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejuangan Diponegoro Masuk Program Akademik Undip

Kompas.com - 08/10/2011, 11:26 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Untuk mengimplementasikan nilai-nilai kejuangan Pangeran Diponegoro, Universitas Diponegoro Semarang mulai tahun 2011 melakukan uji coba dengan memberikan materi pendidikan tentang sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro kepada mahasiwa Undip.

Hal ini diungkapkan Rektor Undip Prof Dr Sudharto P Hadi, Sabtu (8/10/2011) dalam Seminar Nasional "Menggali Sejarah Perjuangan Pahlawan Diponegoro untuk Penyusunan Materi Pendidikan Karakter Bangsa" yang digelar Undip Semarang dan lembaga Arsip Nasional RI (ANRI) di Semarang, Jateng.

"Kita sudah ujicoba memberikan materi sejarah tentang Pangeran Diponegoro mulai dari kecil,muda, hingga masa perjuangannya kepada mahasiswa baru. Saya memberikan apresiasi kepada mahasiswa baru yang sampai meneteskan air mata ketika mengikuti kuliah tentang sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro," ujar Sudharto.

Selain menjadi materi pendidikan tentang sejarah dan nilai-nilai kejuangan Pahlawan Diponegoro, Undip juga akan membuka Badan Pengelolaan Arsip Diponegoro bekerjasama dengan lembaga ANRI.

"Di dalamnya nanti ada pusat kajian nilai-nilai kejuangan Diponegoro," tambah Sudharto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com