Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budidaya Organik Mulai Dikembangkan di Rawajitu

Kompas.com - 08/10/2011, 16:11 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Budidaya udang secara organik mulai dikembangkan di tambak eks Dipasena Citra Darmaja di Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

Budidaya semacam ini sangat ramah lingkungan. Pola budidaya organik di tambak udang semacam ini telah dijalankan salah satunya oleh Erwo S., petambak plasma di Bumi Dipasena, Rawajitu Timur. Kontras dengan umumnya tambak udang pola intensif di kawasan ini, tambak milik Erwo tidak memakai bahan kimia, baik untuk obat-obatan dan tambahan nutrisi.

Sebagai gantinya, bahan yang digunakan untuk sterilisasi tambak maupun obat-obatan menggunakan organisme hidup macam jamur mengkudu dan bahan organik lainnya.

Maurizio F. Ferrari, aktivis lingkungan asal Inggris dari LSM internasional Forest People Programme, terkesan dengan mulai diinisiasinya gerakan hijau di kawasan tambak terbesar se-Asia Tenggara ini.

Menurut dia, akhir pekan ini, tindakan semacam ini sangat baik direplikasi di tambak-tambak lainnya. Budidaya tambak secara organik ini menjadi angin segar di tengah tingginya sorotan terhadap tambak udang yang ditengarai menjadi salah satu pemicu kerusakan lingkungan terbesar di dunia saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com