Harian "Kompas" Meraih "World Young Reader Prize" - Kompas.com

Harian "Kompas" Meraih "World Young Reader Prize"

Kompas.com - 13/10/2011, 09:07 WIB

VIENNA, KOMPAS.com — Surat kabar Kompas lewat kegiatan Kompas Muda mendapat penghargaan dari asosiasi surat kabar sedunia (WAN IFRA) untuk bidang public service dalam kategori World Young Reader Prize 2011.

Penghargaan diberikan oleh Jacob Mathew, President WAN IFRA, kepada Titus Kitot, Manajer Penelitian dan Pengembangan Bisnis Kompas, dalam acara "World Newspaper Congress" ke-63 dan "World Editors Forum" ke-18 di Vienna, Austria, Rabu (12/10/2011). Demikian dilaporkan wartawan Kompas Chris Pudjiastuti dari Vienna, semalam.

Dalam pertimbangannya, juri menyebutkan, lewat salah satu kegiatannya yang melibatkan anak muda (15-22 tahun) itu, Kompas ikut menarik perhatian kalangan muda pada pentingnya membaca dari usia sedini mungkin. Hal itu tak hanya dilakukan Kompas lewat tulisan yang diterbitkan, tetapi juga membangun komunitas perpustakaan yang menyediakan bahan bacaan bagi sejumlah kalangan di beberapa tempat lewat program perpustakaan dan taman bacaan.

Salah satu yang dilakukan Kompas adalah melibatkan para volunter dan komunitas Kompas Muda untuk membuat semacam perpustakaan bekerja sama dengan sejumlah pihak di delapan kota, yakni Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Denpasar, dan Medan.

"Kegiatan itu telah membuat semakin banyak kalangan dapat membaca di berbagai tempat, tak hanya di perpustakaan yang resmi. Mereka bisa membaca di sekitar perumahan, di sekolah, sampai di museum sekalipun," ujar juri dalam pertimbangannya, seperti dikutip Dr Aralynn Abare McMane, Executive Director Young Readership Development WAN IFRA.

Di sisi lain, para volunter dan komunitas Kompas Muda pun bisa melakukan sesuatu yang berguna bagi masyarakat sekitarnya. "Lewat perpustakaan dan taman bacaan itu, mereka telah membuktikan diri bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya," demikian komentar lain dari para juri.

Dalam bidang public service, pemenang lainnya adalah surat kabar Glamdalen (Norwegia), South China Morning Post (Hongkong), dan Mathrubhumi Daily (India). Dari Indonesia, selain Kompas, koran Jawa Pos meraih penghargaan bidang enduring excellence dan newspaper of the year.


EditorTri Wahono

Close Ads X