Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Batal Menjual Unit Bisnis PC

Kompas.com - 28/10/2011, 16:49 WIB

KOMPAS.com - Sempat beredar rumor kalau Hewlett Packard (HP) akan menjual unit bisnis komputernya karena akan fokus ke bisnis solusi teknologi informasi. berbeda dengan rumor yang beredar, HP secara resmi, Kamis (27/10/2011), mengumumkan bahwa mereka akan tetap mempertahankannya. Unit bisnis tersebut adalah Personal Systems Group (PSG), yang merupakan bisnis pembuatan PC terbesar di dunia saat ini.

"Hari ini, HP mengumumkan bahwa evaluasi terhadap alternatif strategi untuk Personal Systems Group (PSG) telah selesai dilakukan dan keputusannya unit ini akan tetap menjadi bagian dari perusahaan," demikian dikatakan perwakilan dari HP, Kamis.

Meg Whitman, CEO HP mengatakan, "HP telah mengevaluasi strategi, finansial, dan dampak operasional terhadap penjualan PSG secara objektif. Analisis kami menyimpulkan langkah HP untuk mempertahankan PSG merupakan hal yang terbaik untuk pengguna dan mitra HP, terbaik untuk para stakeholder HP, dan terbaik untuk para karyawan HP."

Dari unit PSG, HP mendapat pendapatan sebesar 40,7 miliar dollar AS pada tahun fiskal 2010. Ini yang menjadi pertanyaan, mengapa HP sempat berpikir untuk menjual bisnis PC-nya, demi berkonsentrasi ke bisnis layanan seperti yang dilakoni IBM.

Sebelumnya, Whitman mengatakan keputusan jadi tidaknya penjualan unit bisnis PC akan diumumkan pada akhir bulan Oktober ini. Sedangkan pendahulunya, Leo Apotheker juga pernah mengatakan HP sedang mempertimbangkan pemekaran unit bisnis PC atau sekalian menjualnya. Namun, Leo mengatkan rencana ini tak akan dilaksanakan sampai akhir tahun ini.

Sebagai informasi, bulan Agustus lalu, HP telah memutuskan menghentikan produksi tablet PC dengan sistem operasi WebOS, 18 bulan setelah mereka membelinya dari Palm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com