Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lanjutkan Tender Kalibaru

Kompas.com - 03/11/2011, 16:22 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Calon investor Terminal Kalibaru di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, PT Brilliant Permata Negara mendesak panitia tender pelabuhan Kalibaru, Tanjung Priok untuk segera mempercepat proses lelang ke tahap berikutnya.

Hal ini perlu dilakukan agar para peserta tender dapat mempersiapkan penawaran terbaik pada proyek senilai Rp 11,7 triliun tersebut.

Panitia lelang terminal Kalibaru sebaiknya segera melanjutkan proses tender ini. Harus ada kepastian, kapan tender dilanjutkan untuk memberikan waktu kepada peserta tender untuk mempersiapkan penawaran terbaik, kata Garibaldi Thohir, Kamis (3/11/2011) di Jakarta.

Garibaldi Thohir juga mengapresiasi dan mendukung sikap tegas Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang akan tetap melanjutkan proses tender proyek Pelabuhan Kalibaru.

Sebab tender yang fair dan transparan, pembangunan pelabuhan petikemas Kalibaru bisa dilakukan secara akuntabel dan memberi nilai keekonomian yang paling menguntungkan negara. Apalagi pemerintah sudah mengundang para investor, baik lokal maupun asing untuk berpartisipasi dalam tender proyek tersebut.

PT Brilliant Permata Negara merupakan anggota New Port Concorcium bersama dengan Hutchison Port, Cosco Pasific dan Salam Pacific Indonesia. Konsorsium ini menjadi salah satu dari lima peserta yang lolos pra-kualifikasi tender pelabuhan Kalibaru yang diumumkan pada tanggal 25 Agustus 2011.

Garibaldi menambahkan, dengan persiapan yang matang dan penawaran terbaik, pihaknya optimis menyelesaikan pembangunan sebagian pelabuhan Kalibaru di tahun 2014. Hal itu sesuai target ditetapkan pemerintah. Dengan demikian, kekhawatiran bakal terjadinya stagnasi di terminal petikemas Tanjung Priok akan dapat teratasi.

Untuk membangun pelabuhan Kalibaru, kata Garibaldi, pihaknya telah memiliki pendanaan yang kuat. Konsorsium ini juga telah berpenga laman dalam mengoperasikan terminal petikemas di 25 negara dan memiliki jaringan dengan perusahaan peralatan dan kontruksi terkemuka.

"Selama ini kami juga sudah menguasai kargo international dan domestik. Kami siap untuk memberikan penawaran terbaik untuk proyek Kalibaru," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com