Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbong KA Tua Dipindah Ke Museum Ambarawa

Kompas.com - 09/11/2011, 20:44 WIB
Regina Rukmorini

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Gerbong kereta api (KA) buatan Belanda berusia 107 tahun di Sub Terminal Kebonpolo, Kota Magelang, Jawa Tengah, dibawa untuk diperbaiki dan dipindahkan ke Museum Kereta Api Ambarawa.

"Setelah diperbaiki dan ditempatkan di Museum Kereta Api, diharapkan gerbong dapat menambah memberikan pengetahuan untuk masyarakat yang datang berkunjung ke museum," ujar Manajer Program Konservasi Non Bangunan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ersya Ibrahim, Rabu (9/11/2011).

Sekitar 30 persen bentuk fisik gerbong kereta api itu dalam kondisi rusak dan berkarat. Untuk memindahkan gerbong kereta seberat 25 ton ini, PT KAI menyewa trailer dan mengeluarkan biaya angkutan Rp 25 juta.

Gerbong kereta api itu sebelumnya digunakan untuk mengangkut penumpang kereta api Magelang-Yogyakarta. Setelah lama tidak dioperasikan, pada tahun 1980  akhirnya ditempatkan di Sub Terminal Kebonpolo.

Rangkaian kereta api yang dulu beroperasi untuk rute Magelang-Yogyakarta itu, bernama Harkot Duisburg Am Rhein 1904 dengan nomor seri 12696.

Kereta ini sebenarnya terdiri atas satu lokomotif dan empat gerbong. Namun pada tahun 1985, tiga gerbong dan satu lokomotif telah lebih dahulu dipindahkan ke Ambarawa. Satu gerbong ditinggal sebagai peninggalan cagar budaya di Kota Magelang. (EGI)

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com