Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegadaian Incar Omzet Rp 78 Triliun

Kompas.com - 17/11/2011, 15:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Pegadaian optimistis dapat mengantongi omzet hingga akhir 2011 berkisar Rp 76-78 triliun, atau meningkat 22,5 persen dibandingkan dengan omzet 2010 yang sebesar Rp 62 triliun.

"Kami menargetkan omzet bisa Rp 6-78 triliun yang didukung kondisi akhir tahun yang lebih ramai dari hari biasanya," ujar Direktur Utama Pegadaian Suhwono usai seminar Transformasi BUMN Jasa Menuju World Class Company di Jakarta, Kamis (17/11/2011).

Ia mengakui hingga kuartal III-2011, omzet Pegadaian sudah mencapai Rp 56 triliun, yang dikontribusi oleh segmen konvensional sekitar 93 persen, gadai emas dan lain-lain 6,7 persen, serta syariah sekitar 3 persen. "Namun, bila dirupiahkan, kontribusi emas itu bisa mencapai Rp 1 triliun per September," katanya menambahkan.

Saat ini, Pegadaian meraih omzet dari jenis gadai kredit cepat aman (KCA), gadai syariah, logam mulia, kreasi, krista, krasida, persewaan gedung, jasa titipan, jasa taksiran, serta Kucica atau kirim dan terima uang.

Adapun outstanding pinjaman hingga Agustus 2011 sebesar Rp 23 triliun. Pegadaian optimistis pada akhir tahun ini angka tersebut bisa mencapai Rp 24 triliun. Pegadaian hingga Juni 2011 sudah mempunyai 5.000 gerai, dan diperkirakan setiap tahunnya jumlah gerai akan bertambah sekitar 500 unit.

Menyoal rencana penawaran umum saham perdana (IPO), Suhwono menyerahkan kewenangan kepadap pemegang saham. Sebelum IPO, Pegadaian mengharapkan dapat mengantongi status PT (Perusahaan Terbatas) dari pemerintah. "Saat ini, posisi Peraturan Pemerintah (PP) masih di Sekretariat Negara," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com