Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Impor Masuk di Pasar Beras Tegal

Kompas.com - 18/11/2011, 21:13 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com — Sebanyak 25 ton beras impor masuk di Pasar Induk Beras Martoloyo di Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (18/11/2011). Berdasarkan tulisan pada karung plastik kemasannya, beras tersebut diperkirakan berasal dari Thailand. Karung tersebut bertuliskan "Beras Kita, Thai Rice", dan pada karung tersebut terdapat logo Bulog.

Menurut Ijah (58), pedagang yang mendatangkan beras tersebut, beras impor itu ia peroleh dari pedagang di Jakarta dengan harga Rp 6.600 per kilogram.

Kedatangan beras impor dikeluhkan para pedagang beras lainnya karena mengakibatkan penjualan beras lokal lesu. Mahrudi (34), pedagang lainnya, mengemukakan, pembeli khawatir harga beras akan anjlok dengan masuknya beras impor sehingga mereka membatalkan pembelian beras.

Siti (50), pedagang beras lainnya, memperkirakan beras impor sudah masuk ke Tegal sejak tiga hari lalu.

Ijah berasalan, beras impor itu ia datangkan karena saat ini harga beras lokal (produksi petani di Tegal dan sekitarnya) mahal. Selain itu, beras lokal juga sulit diperoleh karena pasokan berkurang. Hal itu sebagai dampak berkurangnya panen serta hujan yang menyulitkan pengeringan gabah.

Harga beras lokal (jenis C4) beberapa hari lalu mencapai Rp 7.500 per kilogram. Namun, saat ini harga beras C4 mulai stabil sekitar Rp 7.300 per kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com