Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 60 Ton Beras Vietnam Untuk OP di Balikpapan

Kompas.com - 21/11/2011, 18:38 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com- Sejak Agustus hingga November 2011, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Kalimantan Timur sudah mengeluarkan dan menjual 60 ton beras impor asal Vietnam dari gudang, untuk keperluan operasi pasar di kota Balikpapan.

Demikian dikatakan Agus Rohman, Kepala Seksi Pengadaan dan Analisis Harga Pasar Bulog Divre Kaltim, Senin (21/11/2011).

Bulog menjual beras ke masyarakat Rp 6.700 per kg. Dari 14 kabupaten/kota di Kaltim, hanya Kota Balikpapan yang melakukan operasi pasar. "Operasi pasar kami rencanakan hingga akhir tahun 2011," kata Agus.

Operasi pasar dilakukan di Balikpapan karena harga beras melonjak tajam sejak Oktober lalu. Pasalnya, pasokan beras dari Jawa dan Sulawesi terganggu karena sawah-sawah tidak atau berkurang panenannya akibat kemarau berkepanjangan.

Untuk pemenuhan operasi pasar dengan komoditas beras ini pun, Bulog mendatangkan beras dari Vietnam. Saat ini stok beras di Gudang Bulog mencapai 2.000 ton.

Di Kaltim, pasokan beras lokal mengandalkan dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Sekitar 90 persen stok beras lokal ke Bulog Divre Kaltim dipasok dari PPU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com