Pengusaha Batik Kudus Buat Sajadah Batik

Kompas.com - 25/11/2011, 19:18 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

KUDUS, KOMPAS.com — Pengusaha batik di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memproduksi sajadah batik. Hal itu dilakukan sebagai upaya diversifikasi produk dan motif batik untuk bersaing di tengah-tengah kemajuan industri batik rakyat.

Pengusaha Muria Batik Kudus, Yuli Astuti, misalnya. Dia membuat sajadah batik bermotif Islam, seperti motif masjid dan kaligrafi kuno pada zaman syiar Islam Sunan Kudus di Kudus.

Yuli Astuti, Jumat (25/11/2011), mengatakan, sajadah batik baru diluncurkan pada pertengahan 2011. Peminatnya cukup banyak dan telah dipasarkan di Sumatera, Riau, Jakarta, dan Kalimantan.

Di Lampung dan Jakarta, misalnya, sajadah batik Muria Batik Kudus dipesan masing-masing 1.000 buah untuk suvenir pernikahan. Adapun di Pekanbaru, Riau, sajadah batik dikembangkan bersama kelompok ibu-ibu dengan motif perpaduan masjid Pekanbaru dan songket, telah dipesan 500 sajadah.

"Sajadah batik yang teknik mengerjaannya dengan cap dan tulis harganya Rp 90.000-Rp 100.000 per potong, sedangkan dengan teknik tulis Rp 225.000 per potong," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.