Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Tanda Pasar Global Membaik

Kompas.com - 15/12/2011, 09:03 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) Ben Bernanke, Rabu (14/12/2011), mengatakan kepada senator Republikan bahwa The Fed tidak berencana memberi tambahan bantuan untuk bank-bank di Uni Eropa (UE) di tengah krisis utang UE sekarang ini, kecuali membuka fasilitas currency-swap. Padahal, risiko resesi di UE juga akan berdampak pada ekonomi AS.

Pada pertemuan The Federal Open Market Committee (FOMC), 13 Desember, The Fed juga tidak menyinyalkan kemungkinan tambahan stimulus untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi AS. Hasil pertemuan KTT UE, Jumat pekan lalu, juga dianggap belum sepenuhnya mampu mengatasi kemungkinan pecahnya negara-negara yang tergabung dalam euro.

"Pasar global kembali negatif, investor global kembali negatif," kata ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, Kamis (15/12/2011) di Jakarta.

Kondisi ini diperparah dengan imbal hasil obligasi Italia lima tahun yang kembali tertekan, tertinggi dalam 14 tahun. CDS Uni Eropa juga naik ke level tertinggi baru. Ini membuat indeks Dow Jones turun 1,1 persen semalam.

Menurut Lana, akibat indeks global masih terkoreksi pada penutupan perdagangan semalam, kemungkinan akan menjalar ke pasar Asia hari ini. Diperkirakan nilai tukar rupiah akan bergerak di kisaran Rp 9.100-Rp 9.120 per dollar AS dengan penjagaan Bank Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com