Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangga Baru Bisa Tingkatkan Produksi Sawit 3 Persen

Kompas.com - 16/12/2011, 11:33 WIB
Aufrida Wismi Warastri

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia Derom Bangun mengatakan  serangga penyerbuk kelapa sawit atau SPKS baru diyakini akan meningkatkan produksi CPO mencapai 3 persen. Serangga baru diharapkan bisa melakukan penyerbukan bunga kelapa sawit secara maksimal.     

Berbicara kepada wartawan di Medan, Kamis (15/12/2011) kemarin, Derom mengatakan penemuan SPKS baru akan meningkatkan produksi CPO sebesar 3 persen. Angka itu berarti tiga persen dari 25 juta ton atau sekitar 750.000 ton CPO per tahun.     

Jika dihitung nilainya dapat ditaksir sekitar 750 juta dollar AS atau sekitar Rp 6,75 triliun. "Dengan asumsi itu, cukup kuat alasan bagi pengusaha dan pemerintah yang melakukan pengutipan bea keluar CPO secara bersama-sama menyediakan dana beberapa ratus miliar rupiah untuk penelitian SPKS baru," tutur Derom.     

Derom melontarkan gagasan itu untuk menyikapi pertumbuhan produksi CPO yang diprediksikan akan mengalami perlambatan. Produktitas bisa diraih dengan intensifikasi lahan, bukan hanya perluasan lahan sawit. Salah satunya dengan menemukan SPKS baru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com