Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Bojonegara Beroperasi Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 20/12/2011, 00:27 WIB

CILEGON, KOMPAS.com — Pelabuhan Bojonegara di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, akan mulai dioperasikan sebagai pelabuhan umum angkutan barang. Pembangunan Pelabuhan Bojonegara untuk mengantisipasi antrean kendaraan di Pelabuhan Merak yang akan menuju ke Bakauheni, Lampung.

"Sesuai dengan rencana yang dibahas beberapa waktu lalu bersama-sama dengan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, pengoperasian Pelabuhan Bojonegara sebagai pelabuhan umum akan dimulai pada akhir tahun ini atau awal 2012," kata Kepala Adminsitrator Pelabuhan (Adpel) Kelas I Banten Baptis Soegiharto, Senin (19/12/2011).

Dia menjelaskan, Pelabuhan Bojonegara di Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, akan beroperasi di lahan milik PT Pelindo II. Pelabuhan Bojonegara ini tidak memerlukan dermaga seperti yang ada di Pelabuhan Merak dan kapal yang akan beroperasi adalah jenis Landing Craft-Tank (LTC).

Teknologi Landing Craft-Tank (LCT) berawal dari sebuah kapal pendarat penyerang untuk mendaratkan tank di tepi-tepi pantai. Kapal ini mulai muncul pada saat Perang Dunia II dan digunakan oleh Angkatan Laut (AL) Inggris dan Amerika Serikat pada saat itu. AL Amerika Serikat kemudian menggunakannya untuk tujuan lainnya selama Perang Korea dan Perang Vietnam. Kapal tersebut tidak memerlukan tempat khusus untuk menaikkan atau menurunkan kendaraan di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com