Sektor Energi Dominasi Pembiayaan Korporasi Bank Muamalat

Kompas.com - 27/12/2011, 20:53 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Korporasi Bank Muamalat, Luluk Mahfudah, mengatakan, pembiayaan di sektor energi mendominasi pembiayan bank syariah ini dalam segmen korporasi. Hingga November 2011 , pembiayaan korporasi hampir mencapai Rp 9 triliun.

"(Pembiayaan) yang paling besar di kita memang energi dan kontraktor minyak dan gas," ujar Luluk di Jakarta, Selasa (27/12/2011). Salah satu yang dibiayai oleh Mualamat adalah pembangunan pembangkit listrik oleh perusahaan yang ditunjuk oleh Perusahaan Listrik Negara. Nilai pembiayaan tersebut lebih dari Rp 2 triliun.

Sektor energi ini akan tetap mendominasi pembiayaan di segmen korporasi pada tahun depan. Dengan memperhitungkan kondisi makro, Muamalat melihat sektor energi akan tetap bertahan di tengah kondisi krisis global di mana sektor ini memiliki kontrak jangka panjang dan tidak kebutuhan mendasar. "Sehingga kita akan coba tetap fokus di sektor tersebut," tambah Luluk.

Secara keseluruhan, pembiayaan ke segmen korporasi pada tahun 2010 mencapai Rp 7,6 triliun. Posisi jelang akhir tahun tercatat sekitar Rp 8,9 triliun. Diharapkan akhir tahun bisa mencapai Rp 9 triliun. "Kita targetkan tumbuh hampir 39 persen menjadi Rp 12, 250 triliun (tahun depan)," ucap Luluk yang juga menyebutkan porsi segmen korporasi mencapai 40 persen dari total pembiayaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.