Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Ini Suatu Rekor

Kompas.com - 30/12/2011, 20:51 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan pencapaian ekonomi Indonesia yakni dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 persen dan inflasi sekitar 4 persen merupakan suatu rekor. Pasalnya, jarang kedua hal itu bisa berjalan baik beriringan.

"Kemarin itu kan sampai November year on year sebesar 4,16 persen. Nah kalau bisa Desember itu turun lagi menjadi 4 persen. Itu kan suatu yang rekor. Suatu pencapaian karena kita dalam kondisi sekarang ini bisa jaga inflasi 4 persen padahal pertumbuhan ekonomi kita ada di kisaran 6,5 persen," ujar Agus, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jumat (30/12/2011).

Menurut Agus, sebelumnya ekonomi Indonesia pernah mencapai tingkat inflasi yang rendah. Akan tetapi pada saat yang sama pertumbuhan ekonomi rendah.

Hal itu, kata Agus, menunjukkan potensi ekonomi Indonesia yang baik sekali. Namun, pendorong utama kondisi ekonomi yang baik itu tidak lain dari peran investasi dan konsumsi rumah tangga. "Peran dari pemerintah tetap tidak besar," ucapnya.

Ke depan, Agus mengharapkan investasi akan terus menjadi pendorong ekonomi nasional.

Selain itu, Menkeu juga menyampaikan, depresiasi rupiah juga termasuk lebih baik ketimbang depresiasi mata uang negara tetangga. "Tapi kalau yang tadi IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) itu kita mendekati 3 persen pertumbuhan, bisa dikatakan itu terbaik nomor sembilan dari seluruh dunia," katanya.

Seperti diketahui, IHSG telah mencapai 3.821,99 pada penutupan perdagangan hari terakhir tahun 2011, Jumat (30/12/2011). Sementara itu, pada tahun lalu indeks ditutup di angka 3.698,938.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com