Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS: Inflasi Desember 0,57 persen

Kompas.com - 02/01/2012, 15:33 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Laporan Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (2/1/2012) menyebutkan, inflasi pada bulan Desember tercatat sebesar 0,57 persen. Kelompok bahan makanan menjadi penyumbang inflasi terbesar pada bulan tersebut.

Dengan seluruh 66 kota Indeks Harga Konsumen mengalami inflasi pada bulan tersebut. Kota yang mengalami inflasi tertinggi yakni Kupang dengan 2,19 persen. Sementara itu, inflasi terendah terjadi di Tanjung Pinang sebesar 0,02 persen.

Berdasarkan kelompok pengeluaran, kelompok bahan makanan mengalami inflasi tertinggi dengan 1,62 persen. Kelompok ini pun punya andil yang terbesar terhadap angka inflasi yakni 0,57 persen. Inflasi kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau menjadi terbesar kedua dengan 0,50 persen pada Desember 2011.

Dengan demikian, laju inflasi tahun kalender Januari-Desember 2011 dan laju inflasi tahunan Desember 2011 terhadap Desember tahun lalu masing-masing sebesar 3,79 persen. Sementara itu, laju inflasi komponen inti tahun 2011 dan laju inflasi komponen inti tahunan masing-masing yakni 4,34 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com