Produk Esemka Harapkan Dukungan dari Jerman

Kompas.com - 29/01/2012, 13:54 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Joko Widodo mengungkapkan, mobil rakitan sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo, Esemka, membutuhkan dukungan dari Jerman.

"Kita butuh dukungan sarana di perakitan dan finishing line. Mereka (Jerman) kan jagonya," ujar Jokowi, begitu kerap ia disebut, kepada Kompas.com, di sela-sela acara Pesta Wirausaha Tangan Di Atas 2012, Jakarta, Minggu (29/1/2012).

Dukungan lainnya adalah dalam aspek teknis supervisi untuk mesin dan perakitan. Kedua hal ini diminta Jokowi ketika bertemu dengan Duta Besar Jerman, Norbert Baas, dalam kunjungannya di Solo Techno Park (STP), Sabtu kemarin. Sayang, Nobert tidak serta merta mengiyakan permintaan dukungan itu. "Mau di-meeting-kan (oleh pihak Jerman) dulu nanti akan diberitahukan," kata Jokowi.

Kedatangan Nobert merupakan undangan dari Jokowi. Ia mengundang Nobert untuk melihat pembuatan mobil Esemka dari dekat di Solo Techno Park (STP), Solo, Jawa Tengah. STP sebelumnya sempat mendapat bantuan mesin dari lembaga GIZ, Jerman.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X